Rio Haryanto, Yang Muda Yang Berprestasi

Posted by admin | August 12, 2011 3

Muda dan berprestasi, mungkin predikat tersebut memang cocok disandangkan pada pembalap muda Rio Haryanto. Bangsa Indonesia juga patut bangga memiliki seorang pemuda yang telah membesarkan nama Indonesia dengan sejumlah prestasi yang telah ia torehkan di landasan pacu. Banyak orang juga memprediksi bahwa pemuda kelahiran Solo, 22 Januari 1993 ini akan menjadi pembalap andalan Indonesia nantinya.

Rio Haryanto memang bukan pemuda biasa. Putra bungsu dari pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Peniwati ini sudah sangat akrab dengan dunia balap. Rio, begitu panggilan Rio Haryanto, sejak kecil sudah sering diajak ayahnya menyaksikan sang ayah menyetir mobil di lintasan balap. Tak heran di usianya yang muda ini, sudah banyak prestasi yang ia raih.

Rio mengawali kariernya di dunia balap sejak usia 6 tahun. Ia aktif dalam beragam kejuaraan di arena karting. Beragam gelar juara tingkat lokal maupun nasional berhasil ia raih. Saat ia berusia 8 tahun, Rio berhasil menyabet gelar juara gokart ditingkat ASEAN dalam ASEAN Kart Festival. Rio termasuk pembalap muda yang menjanjikan. Dalam kejuaraan Formula Asia 2.0 tahun 2008, ia menempati urutan pertama kategori Asia dan urutan ketiga kategori Internasional.

Saat ini pembalap muda yang tergabung dalam tim Manor Motorsport sedang berjuang di ajang Formula BMW Pasifik. Banyak yang memprediksi Rio Haryanto akan meraih sukses dia ajang ini. maklum saja, pembalap muda ini sudah memperoleh 208 poin dan saat ini memimpin klasemen kejuaran Formula BMW Pasifik.

Selain bermukim di Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto memilih untuk tinggal di negara tetangga Singapura. Hal ini bukan karena ketidakcintaanya terhadap tanah air, melainkan sebagai langkah untuk memfokuskan dirinya untuk lebih baik lagi mengingat fasilitas yang tersedia disana. Menurutnya, nasionalisme tidak bisa diukur hanya karena tempat tinggal. Terbukti meskipun bermukim di negara lain, Rio Haryanto masih tetap berkomitmen untuk terus berjuang membela bangsa dan tanah air.

Meskipun sudah mendulang prestasi yang cukup banyak, Rio tetap merasakan beratnya tanggung jawab yang ia pikul. Terlebih saat ini banyak masyarakat maupun perusahaan yang mendukung baik secara moril maupun materil untuk langkahnya menjadi juara. Ketakutan akan kegagalan pastinya menghantui dirinya, terlebih sudah banyak orang yang menaruh harapan padanya. Meskipun berat, optimisme dan kerja keras terus ia pupuk demi menjalankan tugas membela nama bangsa di kancah Internasional.

 

  • cover

3 Responses

Leave a Reply

latest posts from Prestasi

179754_470558183037471_888303540_n
evan-dimas-gol

Evan Dimas: Berbekal Semangat, Arungi Dunia

Posted on Jul 22, 2014 in Prestasi | no responses

clarisatamara

Clarissa, Violis Tercepat di Dunia

Posted on Jul 10, 2014 in Prestasi | no responses

latest posts from Prestasi

179754_470558183037471_888303540_n
evan-dimas-gol

Evan Dimas: Berbekal Semangat, Arungi Dunia

Posted on Jul 22, 2014 in Prestasi | no responses

clarisatamara

Clarissa, Violis Tercepat di Dunia

Posted on Jul 10, 2014 in Prestasi | no responses