Wisata Bali – Patung Garuda Wisnu Kencana

Posted by AnggiAlfonso | July 18, 2012 7

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan – Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan hasil karya dari pematung terkenal di Bali, yaitu I Nyoman Nuarta. Monumen ini kemudian dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi ikon bagi pariwisata di Bali.

Patung ini adalah perwujudan kisah nyata dari Dewa Wisnu yakni dewa Pemelihara (Sthiti) dalam agama Hindu, yang mengendarai burung Garuda. Kisah Garuda dan kekaisaran yang berkisar pada tindakan pengabdian dan pengorbanan dari Burung Garuda untuk menyelamatkan ibunya dari perbudakan yang akhirnya dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang visibilitas sampai 20 km, sehingga patung GWK dapat terlihat dari Kuta, Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot. Patung Garuda Wisnu Kencana itu sendiri, merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan 60 meter. Jika pembangunan selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan Patung Liberty.

Tapi sampai sekarang pembuatan patung ini, terutama patung Garuda masih belum dilaksanakan karena terhambat masalah biaya. Sejak dibangun pada tahun 1997, sampai sekarang baru sekitar 15 persen dari patung Dewa Wisnu dan Kepala Garuda yang suda terealisasikan.

Meskipun pembangunan patung ini agak tersendat, di daerah kompleks, sudah ada pusat pameran, restoran, kolam teratai, diorama, Villa Giri Kencana, amphitheatre, dan kios-kios. Selain itu sebuah arena konser dibangun di tengah tebing, tebing batu kapur yang menjulang tinggi.

  • patung garuda wisnu kencana

7 Responses

Leave a Reply

latest posts from Wisata

PANTAI-ORA
Coban-Pelangi-Malang

Bias Warna Objek Wisata Coban Pelangi

Posted on Oct 24, 2014 in Wisata | no responses

Taka Bonerate, South Sulawesi - Indonesia.©Ramadian Bachtiar

Takabonerate Surganya Pecinta Diving

Posted on Oct 23, 2014 in Wisata | no responses

latest posts from Prestasi

Rintya dan Nailul
44073_large

Telur Busuk Membuat Nama Antonius Wisnu Harum

Posted on Sep 11, 2014 in Prestasi | no responses

P14-070912-001

March Boedihardjo jadi Mahasiswa di Usia 9 Tahun

Posted on Aug 19, 2014 in Prestasi | one comment