Mie Ongklok… Kuliner khas Wonosobo

Posted by mungkasmks | January 25, 2013 6

Siapa diantara Anda yang tidak suka makan Mie? Coba tunjuk tangan. pasti tidak ada. Hampir dipastikan semua masyarakat Indonesia sangat menyukai dengan Mie. Apapun itu olahannya, dengan bahan dasar Mie, semua pasti dilahap. Tidak mengherankan jika konsumsi Mie di Indonesia terbesar kedua dunia setelah China tentunya, yakni mengkonsumsi mie sebanyak 14,5 miliar bungkus. Alhasil, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner yang khas berbahan dasar Mie. Seperti mie pedas Aceh, mie rebus (baca : Godog) Jawa dan lain-lain. Namun ada salah satu kuliner khas dari propinsi Jawa Tengah tepatnya Kabupaten Wonosobo yakni Mie Ongklok.

Makanan olahan mie pada umumnya hampir sama. Semua terasa enak jika disajikan dalam keadaan panas sebelum disantap. Demikian juga dengan Mie Ongklok. Mie Ongklok diolah juga dengan cara direbus. Mie ini dibuat dengan racikan khusus yakni menggunakan kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berkanji yang disebut dengan Loh. Loh inilah yang menjadi khas dari Mie Ongklok ini. Bumbu yang digunakan juga sangat sederhana. Hanya dengan bumbu dasar dan tanpa penyedap rasa. Hmm…Sungguh menggiurkan. Selain itu, secara sekilas penampilan Mie Ongklok mirip dengan mie godog Jawa namun kuahnya sedikit lebih kental.

Di dalam pengolahan mie yang sederhana ini tidak ada penambahan bahan-bahan makanan lain seperti daging ayam/sapi, udang, telur bahkan jamur. Sehingga cocok bagi Anda yang memiliki pantangan mengkonsumsi daging atau vegetarian. Namun bagi Anda yang tidak memiliki pantangan dalam makanan, Anda tidak perlu khawatir karena ada makanan  pendamping lainnya seperti sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu. Sangat pas dikonsumsi di tengah udara Wonosobo yang dingin.

Namun, ada hal yang perlu untuk diketahui bahwa pemberian nama Mie Ongklok bukan semata-mata karena nama pembuat pertama kali atau nama jalan atau nama daerah/wilayah. Sebenarnya, Ongklok adalah semacam keranjang kecil dari anyaman bambu yang sering dipakai untuk membantu proses perebusan mie tersebut di Wonosobo. Alhasil, mie tersebut dikenal dengan nama Mie Ongklok.

untuk menikmati kuliner khas Wonosobo ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang besar. Cukup dengan Rp.5,000 saja, Anda sudah bisa menikmati semangkuk Mie Ongklok yang sangat nikmat.

Tertarik untuk mencobanya? Silahkan datang ke Wonosobo untuk menikmati kuliner khas ini di kota ‘asal’nya.

Selamat jalan-jalan dan selamat melakukan perjalanan

 

With Leisure,

 

MKS

Wonosobo, 1 Dec 2012

 

  • Ongklok

6 Responses

Leave a Reply

latest posts from Kuliner

SONY DSC
pecel pasar beringharjo

Uniknya Pecel Depan Beringharjo

Posted on May 22, 2014 in Kuliner | one comment

kopi joss Yogyakarta

Kopi Joss, Penghangat Yogyakarta

Posted on May 20, 2014 in Kuliner | no responses

latest posts from Prestasi

Rintya dan Nailul
44073_large

Telur Busuk Membuat Nama Antonius Wisnu Harum

Posted on Sep 11, 2014 in Prestasi | no responses

P14-070912-001

March Boedihardjo jadi Mahasiswa di Usia 9 Tahun

Posted on Aug 19, 2014 in Prestasi | one comment