Nikmatnya Bakwan Kuah Cuko

Posted by RendiNoMore | April 20, 2012 8

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan makanan bernama bakwan. Makanan yang begitu familiar ini memang digemari oleh berbagai lapisan masyarakat. Rasanya yang gurih serta bergizi memang seringkali menjadi panganan yang selalu dihidangkan sehari-hari. Namun mungkin tidak banyak masyarakat yang mendengar tentang bakwan kuah cuko.

Bakwan kuah cuko atau akrab dikenal sebagai bakwan Sumatera memang menjadi kegemaran masyarakat Palembang dimana kuliner ini berasal. Selain rasanya yang enak, kuliner ini pun mudah dibuat dan denga bahan baku yang murah dan terjangkau.

Pada dasarnya, bakwan kuah cuko tidak jauh berbeda dengan bakwan pada umumnya. Yang membedakan adalah kuah cuko yang menjadi pendamping saat menikmati bakwan ini. Kuah cuko sendiri adalah sejenis saus yang biasa digunakan untuk pempek. Bahan baku untuk membuat kuliner ini pun cukup mudah. Tepung terigu dicampur menjadi adonan bersama dengan bahan-bahan lain seperti wortel, kol, daun bawang, seledri, serta irisan bawang merah dan bawang putih. Terkadang dikreasikan dengan bahan-bahan lain sesuai selera. Adonan ini kemudian digoreng.
Untuk kuah cuko sendiri menggunakan bahan-bahan seperti gula batok, garam, cuka masak, gula pasir bawang putih, serta cabai sesuai selera. Bahan tersebut dicampurkan dengan air dan direbus hingga mendidih. Memasaknya pun membutuhkan kesabaran karena dimasak dengan api kecil agar bumbu meresap.

Bakwan kuah cuko biasanya disajikan sebagai menu santai saat sore ataupun di pagi hari. Meskipun terlihat sederhana, kuliner ini juga memiliki cita rasa yang menggugah selera. Paduan bakwan yang lembut bersatu dengan kuah cuko dengan rasa yang khas. Rasa pedas, asam dan manis dari kuah cuko berpadu harmonis dengan gurihnya bakwan. Kelezatan tersebut ditambah nikmat dengan sensasi kriuk dari sayur-sayuran yang menjadi bahan campuran bakwan. Meski sederhana, bakwan kuah cuko mampu memikat hati siapapun yang mencicipinya. rasanya yang khas dan lezat membuat kuliner ini digemari oleh banyak orang.

  • 6423641167_2a5e91e9d0

8 Responses

Leave a Reply

latest posts from Kuliner

SONY DSC
pecel pasar beringharjo

Uniknya Pecel Depan Beringharjo

Posted on May 22, 2014 in Kuliner | one comment

kopi joss Yogyakarta

Kopi Joss, Penghangat Yogyakarta

Posted on May 20, 2014 in Kuliner | no responses

latest posts from Prestasi

179754_470558183037471_888303540_n
evan-dimas-gol

Evan Dimas: Berbekal Semangat, Arungi Dunia

Posted on Jul 22, 2014 in Prestasi | no responses

clarisatamara

Clarissa, Violis Tercepat di Dunia

Posted on Jul 10, 2014 in Prestasi | no responses