Yuk Kita Lestarikan Bir Pletok

Posted by RendiNoMore | April 14, 2012 6

Ramahnya mentari belakangan ini membuat cuaca menjadi sedikit lebih hangat. Yang paling enak sih berteduh di bawah pohon sambil nyeruput bir pletok biar seger.. Hah?? Panas-panas minum bir? Apa nggak tambah panas? Eits.. Tenang dulu, bir yang satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol dan malah bisa jadi minuman yang berguna buat kesehatan. Nah, kalau cuaca lagi hujan, tinggal dihidangkan tanpa es bareng ancemon panas atau uli bakar. Nggak percaya?

Memang, bila sudah mendengar kata bir konotasi orang akan langsung tertuju pada minuman beralkohol. Padahal minuman khas masyarakat Betawi ini sama sekali tidak mengandung alkohol. Bir Pletok pada dasarnya adalah sebuah minuman yang terbuat dari rempah-rempah. Berkat kandungan rempah-rempah tersebut Bir Pletok memiliki khasiat yang berguna bagi tubuh. Seperti untuk menyegarkan dan menghangatkan tubuh.

Nama Bir Pletok sendiri ternyata memiliki sejarahnya sendiri. Minuman ini memang biasanya ditempatkan pada sebuah bumbung (ruas bambu) yang ditutup dengan beberapa tambahan es batu. Layaknya seorang bartender, bumbung tadi dikocok hingga terdengar bunyi pletak-pletok. Setelah dikocok, minuman ini akan berbuih menyerupai bir. Sumber lain juga menyebutkan bahwa bunyi pletok juga terdengar saat air mendidih saat proses perebusan dilakukan. Alhasil minuman ini disebut Bir Pletok.

Bir pletok terbuat dari rempah-rempah alami khas Indonesia. diantaranya adalah lada hitam, cabai Jawa, kayu manis, dan serai. Selain itu dilengkapi juga oleh jahe merah, kapulaga, cengkeh daun jeruk purut serta pandan. Tidak lupa juga ditambahkan dengan kayu secang yang membuat minuman ini berwarna merah gelap menyerupai bir.

Cara membuatnya pun mudah yakni hanya tinggal mencampur semua bahan kedalam satu kuali berisi air yang kemudian diisi air hingga mendidih. Setelah mendidih, air rebusan kemudian disaring. Penyajiannya pun beragam. Bir Pletok dapat disajikan dalam kondisi panas atau dingin.

Mencicipi Bir Pletok pun terbilang unik. Rasa manis, hangat serta sesekali pedas mengalir kedalam tenggorokan Anda. Aroma khas rempah yang nikmat juga menambah kenikmatan saat mencicipi Bir Pletok ini. Tak heran meskipun terbilang tradisional, Bir Pletok memiliki penggemarnya sendiri. Selain rasa yang unik minuman khas Betawi ini memiliki nilai budaya yang patut dilestarikan keberadaanya.

foto punya: www.hellotarana.wordpress.com

  • 89677454-1iosrcbx

6 Responses

Leave a Reply

latest posts from Kuliner

SONY DSC
pecel pasar beringharjo

Uniknya Pecel Depan Beringharjo

Posted on May 22, 2014 in Kuliner | one comment

kopi joss Yogyakarta

Kopi Joss, Penghangat Yogyakarta

Posted on May 20, 2014 in Kuliner | no responses